PELATIHAN PEMBUATAN HIDROPONIK SEDERHANA DAN PENGGUNAAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI MEDIA PEMASARAN BAGI IBU-IBU PKK DESA BANJARANYAR

  • Rianti Yunita Kisworini STMIK Widya Utama
  • Sulistiyasni Sulistiyasni STMIK Widya Utama
  • Lutvi Riyandari STMIK Widya Utama
  • Bayu Rizkya Pratama STMIK Widya Utama
  • Muhammad Akbar Setiawan STMIK Widya Utama
  • Ika Indah Lestari STMIK Widya Utama

Abstract

Sistem budidaya hidroponik tidak membutuhkan lahan atau halaman yang luas, lebih mudah dipelihara, dan tidak menyebabkan polusi dan dapat memperindah lingkungan dengan konsep penghijauan. Pelatihan hidroponik untuk memberdayakan masyarakat sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ini merupakan bagian dari program Pemerintah Desa Banjaranyar untuk meningkatkan kesejahteraan pangan masyarakat. Analisis situasi menunjukkan bahwa sebagian besar orang di Desa Banjaranyar bekerja dalam pertanian dan mengolah hasil pertanian. Masyarakat biasa menanam kacang tanah, singkong, dan ubi kayu, tetapi belum banyak dibudidayakan untuk tanaman sayuran. Beberapa jenis sayuran yang biasa dikomersilkan untuk tanaman hidroponik adalah caisim, pakcoy, selada, dan sejumlah jenis sayuran lainnya. Memanfaatkan sistem hidroponik untuk menanam tanaman di rumah dengan memanfatkan halaman atau perkarangan memiliki potensi yang cukup besar.

Published
2024-08-05
How to Cite
KISWORINI, Rianti Yunita et al. PELATIHAN PEMBUATAN HIDROPONIK SEDERHANA DAN PENGGUNAAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI MEDIA PEMASARAN BAGI IBU-IBU PKK DESA BANJARANYAR. Teknikom: Teknologi Informasi, Ilmu Komputer dan Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 9-29, aug. 2024. ISSN 2598-2958. Available at: <http://journal.swu.ac.id/index.php/teknikom/article/view/225>. Date accessed: 16 oct. 2024.