Inconsistency Measure OWL Ontology Berbasis Axiom dengan MinInc Inconsistency Value

  • Nur Alfi Ekowati STMIK Widya Utama
  • Sunaryono Sunaryono STMIK Widya Utama
  • Dwi Prasetyo STMIK Widya Utama

Abstract

Inconsistency measure adalah sebuah pengukur yang digunakan untuk menganalisis inkonsistensi pada knowledge base. Pengukur ini sangat berguna untuk menganalisis tingkat keparahan inkonsistensi dari sebuah ontology. Pengukur inkonsistensi (inconsistency measure) tersebut dapat diterapkan di era kini guna membantu proses analisis data dalam jumlah besar.


Saat ini ada beberapa inconsistency measure untuk Propositional Logic yang telah tersedia. Sebuah gagasan menarik muncul dan perlu diteliti, yaitu kemungkinan diciptakannya inconsistency measure berbasis axiom dengan MinInc Inconsistency Value (MIV) untuk OWL ontology serta mengadaptasi atau mengkonversikan measure-measure Propositional Logic tersebut. Tiga measure untuk OWL ontology telah diciptakan secara teoritis, yaitu MIVD, MIV#, dan MIVC. Selain itu pembuatan program aplikasi ketiga measure tersebut juga dilakukan sebagai implementasinya dengan menggunakan OWL reasoner tertentu. Sehingga measure tersebut dapat lebih dirasakan manfaatnya secara praktis. Nilai inkonsistensi akan memberi intuisi untuk menggali cara dalam menangani inkonsistensi ontology tersebut.


Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui studi pustaka. Sedangkan metode pengembangan sistem dari penelitian ini menggunakan metode waterfall dengan tahapan-tahapan yang ada pada SDLC (Software Development Life Cycle) untuk membangun sebuah perangkat lunak. Dari ketiga measure yang ada, MIVD adalah inconsistency measure paling sederhana perhitungannya dan menghasilkan nilai inkonsistensi antara 0 dan 1 saja.

References

[1] Krötzsch, Markus, František Simančik, dan Ian Horrocks. 2012. A Description Logic Primer. Technical Report, arXiv.org, volume CoRR abs/1201.4089.
[2] Rudolph, Sebastian. 2011. Foundations of Description Logics. Reasoning Web 2011, pp. 76-136, 2011.
[3] Hunter, Anthony dan Sebastien Konieczny. 2008. Measuring Inconsistency Through Minimal Inconsistency Sets. Proceedings of the Eleventh International Conference on Principles of Knowledge Representation and Reasoning (KR’2008), AAAI Press, pp. 358-366.
[4] Hunter, Anthony dan Sebastien Konieczny. 2006. Shapley Inconsistency Values. Proceedings of the 10th International Conference on Knowledge Representation (KR ’06), AAAI Press, pp. 249-259.
[5] Hunter, Anthony dan Sebastien Konieczny. 2004. Approaches to Measuring Inconsistent Information. Inconsistency Tolerance, in: Lect. Notes Comput. Sci., vol. 3300, Springer, pp. 189-234.
Published
2020-01-30
How to Cite
EKOWATI, Nur Alfi; SUNARYONO, Sunaryono; PRASETYO, Dwi. Inconsistency Measure OWL Ontology Berbasis Axiom dengan MinInc Inconsistency Value. Teknikom: Teknologi Informasi, Ilmu Komputer dan Manajemen, [S.l.], v. 3, n. 1, jan. 2020. ISSN 2598-2958. Available at: <https://journal.swu.ac.id/index.php/teknikom/article/view/128>. Date accessed: 25 apr. 2024.