PREDIKSI BELANJA DAERAH BERDASARKAN PENGARUH DANA ALOKASI UMUM (DAU) DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (DAU)

  • Novita Setianti
  • Muh Sofi'i
  • Yusuf Hardjono

Abstract

Belanja adalah merupakan suatu kebutuhan yang tidak bisa di tinggalkan oleh semua orang dalam kehidupan sehari-hari. Begitu juga terkait dengan kehidupan suatu daerah, Belanja adalah hal yang mutlak diperlukan untuk mencukupi kebutuhan hidup daerah tersebut. Dana Alokasi Umum (DAU) adalah sumber dana yang berasal dari perimbangan pemerintah pusat, sedangkan Pendapatan Asli Daerah adalah pendapatan dari hasil pemanfaatan segala sumber daya yang berada di suatu daerah. Baik DAU dan PAD adalah sumber pendapatan daerah yang akan digunakan untuk pembiayaan segala kebutuhan Belanja pemerintah daerah.


Data penelitian diambil dari Dirjen Pajak dan Perimbangan keuangan melalui internet dengan metode sensus sejumlah 105 sampel awal dan melakukan outlier pada 1 (satu) data sehingga menghasilkan data akhir sebanyak 104. Analisis yang digunakan adalah regresi berganda untuk masing-masing pengujian yaitu DAU¬t-1, PADt-1, Belanjat dan DAUt, PADt, Belanjat.


Dari hasil pengolahan menunjukkan bahwa  baik DAUt-1 dan PADt-1 maupun DAUt dan PADt mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Belanjat Pemerintah Daerah. Kontribusi terhadap besarnya Belanja dan dalam memprediksi Belanja daerah lebih banyak dipengaruhi oleh DAU daripada PAD.


 


Kata Kunci : Dana Alokasi Umum (DAU), Pendapatan Asli Daerah (PAD),   dan Belanja Pemerintah Daerah.

Published
2019-12-27
How to Cite
SETIANTI, Novita; SOFI'I, Muh; HARDJONO, Yusuf. PREDIKSI BELANJA DAERAH BERDASARKAN PENGARUH DANA ALOKASI UMUM (DAU) DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (DAU). Teknikom: Teknologi Informasi, Ilmu Komputer dan Manajemen, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 5-9, dec. 2019. ISSN 2598-2958. Available at: <https://journal.swu.ac.id/index.php/teknikom/article/view/129>. Date accessed: 27 apr. 2024.