DIKLAT PENINGKATAN KOMPETENSI TUTOR DI LINGKUNGAN PNF SKB WONOSOBO

  • Sunaryono Sunaryono STMIK Widya Utama
  • Muh Sofi'i
  • Novita Setianti
  • Wika Purbasari
  • Joko Purnomo
  • Yusuf Hardjono
  • Riana Safitri

Abstract

Sistem pembelajaran daring atau yang biasa disebut dengan  e-learning merupakan sistem pembelajaran yang sedang banyak digunakan saat ini, sehingga setiap tahunnya permintaan terhadap pembuatan pembelajaran daring di dunia mengalami peningkatan. Indonesia termsauk dalam 10 besar negara yang saat ini sedang gencar-gencarnya menjadi pasar pembuatan sistem pembelajaran daring di dunia sehingga presentase pembuatan sistem pembelajaran daring di Indonesia mencapai 25% setelah negara Brazil.


seTARA Daring adalah sebuah aplikasi Learning Management System yang dirancang untuk pembelajaran jarak jauh.Aplikasi ini dikembangkan oleh DIt. Bindiktara yang bekerja sama denganTim SEAMOLEC. Sasaran dari pengembangan aplikasi ini adalah untuk memberikan opsi kepada peserta didik yang memiliki keterbatasan waktu, jarak tempuh, dll sehingga dapat  mempermudah  para  peserta  didik  untuktetapmengikutiprogram  Pendidikan Kesetaraan di lingkungan pendidikan non formal.


Berdasarkan salah satu tujuan dalam pemanfaatan pendidikan kesetaraan paket B dan Paket C (setara SMP dan SMA) dan dengan adanya tujuan dari kemdikbud maka STMIK Widya Utama Purwokerto melakukan pendampingan dalam pemanfaatan aplikasi seTara Daring bagi tutor di lingkungan SKB Wonosobo.

Published
2020-05-05
How to Cite
SUNARYONO, Sunaryono et al. DIKLAT PENINGKATAN KOMPETENSI TUTOR DI LINGKUNGAN PNF SKB WONOSOBO. Teknikom: Teknologi Informasi, Ilmu Komputer dan Manajemen, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 9-10, may 2020. ISSN 2598-2958. Available at: <https://journal.swu.ac.id/index.php/teknikom/article/view/133>. Date accessed: 29 mar. 2024.