PEMANFAATAN APLIKASI UJIAN ONLINE (CBT) DI SMK COKROAMINOTO 1 BANJARNEGARA

  • Sunaryono Sunaryono STMIK Widya Utama
  • Muh Sofi'i
  • Novita Setianti
  • Wika Purbasari
  • Joko Purnomo
  • Yusuf Hardjono
  • Riana Safitri

Abstract

Ujian Online  merupakan suatu cara yang digunakan untuk  mengevaluasi hasil belajar siswa dalam mengukur taraf pencapaian siswa sebagai peserta didik, sehingga  siswa  dapat  mengetahui  batas  kemampuan  dirinya  dalam  memahami bidang studi  yang ditempuh  selama  mengikuti pendidikan dengan pelaksanaan ujian  menggunakan  internet,dimana  siswa  maupun  guru  tidak  harus  bertatap muka saat pelaksanaan ujian. Seiring dengan berkembangnya kemajuan teknologi informasi, mungkin akan sangat terbantu dengan adanya internet. Dengan internet, kita akan mudah menghadirkan  layanan  yang dapat diakses dari  manapun dan kapanpun untuk dapat melakukan pengaksesan informasi didunia ini.


Tahun 2015 adalah tahun reformasi bagi Kementerian Pendidikan dan  Kebudayaan. Implementasi reformasi dalam konteks e-government pada sektor pendidikan khususnya di bidang penilaian pendidikan adalah diterapkannya Ujian Nasional (UN) dengan menggunakan media komputer atau Computer Based Test (CBT). UN CBT merupakan program trobosan dalam merespon isu keraguan, akuntabilitas dan kredibilitas program asesmen pendidikan nasional, yang secara bertahap mulai UN tahun 2015 diterapkan di sejumlah provinsi. Pelaksanaan UN CBT sekaligus akan memperkecil tingkat kebocoran maupun contek-menyontek karena paket soal UN berbeda-beda antara satu peserta ujian yang lain, dan soal-soal UN CBT hanya dapat dibuka dengan password tertentu pada saat hari dan waktu pelaksanaan Ujian Nasional. Implementasi kebijakan ini memang membutuhkan dana investasi yang  sangat besar  pada tahap awal, baik untuk pengadaan perangkat komputer, peningkatan mutu SDM pelaksana di daerah, sampai dengan desiminasi dan sosialisasi pelaksanaan UN CBT kepada policy makers, stakeholders pendidikan dan masyarakat pengguna (Dinas Pendidikan, kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua siswa). Namun bila kondisi ini sudah mencukupi, pembiayaan penyelenggaraan UN (UN CBT) menjadi relatif murah dan ramah lingkungan. Untuk UNBK itu sendiri dikeluarkan oleh Peraturan Menteri (Permen) ‘Dikbud No 144 Tahun 2014’, lalu dikeluarkan kembali oleh Dikbud mengenai UNBK Peraturan Menteri (Permen) ‘Dikbud No. 57 Tahun 2015’.


            SMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara ini di tahun 2020 mulai menerapkan sistem CBT secara mandiri, dimana dari STMIK Widya Utama Purwokerto melakukan pendampingan dalam kegiatan tersebut.

Published
2020-05-05
How to Cite
SUNARYONO, Sunaryono et al. PEMANFAATAN APLIKASI UJIAN ONLINE (CBT) DI SMK COKROAMINOTO 1 BANJARNEGARA. Teknikom: Teknologi Informasi, Ilmu Komputer dan Manajemen, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 21-29, may 2020. ISSN 2598-2958. Available at: <https://journal.swu.ac.id/index.php/teknikom/article/view/134>. Date accessed: 25 apr. 2024.