Pendampingan Pemasaran Produk UMKM Berbasis Web di Kabupaten Pubalingga

  • Muh Sofii STMIK Widya Utama

Abstract

Saat ini teknologi telah berkembang dengan pesat, kegiatan manusia semakin dipermudah dengan perkembangan tersebut. Beberapa organisasi atau perusahaan mulai memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung proses bisnisnya. Salah satunya produk Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan perusahaan bisnis yang terbesar secara kuantitas dan merupakan komponen vital negara tersebut untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, maka STMIK Widya Utama ingin mulai memanfaatkan teknologi informasi untuk membantu proses bisnisnya dengan mengembangkan sebuah web e-commerce yang membuat proses pemesanan dan proses penyebaran informasi mengenai UMKM Purbalingga dapat dilakukan dengan mudah dan tidak banyak menghabiskan biaya operasional. Pada penelitian ini, web e-commerce UMKM dikembangakan menggunakan metode prototype. Metode prototype digunakan agar web e-commerce yang dikembangkan dapat memenuhi atau sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Web e-commerce UMKM Purbalingga yang dikembangkan memiliki beberapa fungsi antara lain pengelolaan produk, sistem pemesanan, sistem pembayaran, dan pelacakan status. Dengan adanya fitur-fitur tersebut, maka web e- commerce UMKM Purbalingga dapat memenuhi kebutuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah web e-commerce UMKM Purbalingga yang mampu mempermudah proses pemesanan dan penyebaran informasi dan tidak banyak menghabiskan biaya operasional.

Published
2020-07-31
How to Cite
SOFII, Muh. Pendampingan Pemasaran Produk UMKM Berbasis Web di Kabupaten Pubalingga. Teknikom: Teknologi Informasi, Ilmu Komputer dan Manajemen, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 23-30, july 2020. ISSN 2598-2958. Available at: <https://journal.swu.ac.id/index.php/teknikom/article/view/156>. Date accessed: 25 apr. 2024.