Laporan Pengabdian Masyarakat Seminar "INDUSTRI GAME DAN REVOLUSI INDUSTRI DI ERA MILENIAL"

  • Muh Sofii STMIK Widya Utama
  • Novita Setianti STMIK WIDYA UTAMA
  • Wika Purbasari STMIK WIDYA UTAMA
  • Joko Purnomo STMIK WIDYA UTAMA

Abstract

Saat ini dunia sedang menghadapi putaran baru revolusi industri yang disebut Revolusi Industri 4.0, dan disebut juga Industri 4.0 atau I4.0. Era ini dimulai oleh Jerman yang awalnya mempromosikan manufaktur terkomputerisasi. Kemudian terjadinya 14.0 dapat ditandai dengan penggunaan internet yang masif dan teknologi digital di perusahaan-perusahaan besar. I4.0 menyajikan kita cara dimana kita “bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras”.


Industri kreatif khususnya industri game seharusnya memiliki kontribusi untuk mendorong pencapaian I4.0. Industri game di Indonesia baru saja dimulai beberapa tahun terakhir, tetapi telah berkembang secara pesat hingga saat ini dengan ditandai maraknya startup-startup game produksi anak negeri. Hal ini juga diikuti oleh peningkatan jumlah pemain game di seluruh negeri. Bahkan, e- sports sebagai bentuk kompetisi yang menggunakan video game telah diakui dan dipertandingkan di Asian Games 2018. Industri game sebagai salah satu industri kreatif telah membantu meningkatkan pendapatan ekonomi kreatif di Indonesia. Hal demikian mengindikasikan bahwa industri tersebut mempunyai potensi yang bagus untuk menghadapi era I4.0 guna masa depan milenial, tidak hanya di negera ini tapi juga di dunia.

Published
2020-06-30
How to Cite
SOFII, Muh et al. Laporan Pengabdian Masyarakat Seminar "INDUSTRI GAME DAN REVOLUSI INDUSTRI DI ERA MILENIAL". Teknikom: Teknologi Informasi, Ilmu Komputer dan Manajemen, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 30-35, june 2020. ISSN 2598-2958. Available at: <https://journal.swu.ac.id/index.php/teknikom/article/view/159>. Date accessed: 11 may 2024.