KEGIATAN DIGITALISASI UMKM KAB. WONOSOBO

  • Sunaryono Sunaryono
  • NOVITA SETIANTI
  • Joko Purnomo
  • Wika Purbasari
  • Yusuf Hardjono
  • Riana Safitri

Abstract

Perkembangan teknologi digital semakin pesat, khususnya semenjak pandemi Covid-19. Hal ini juga mendorong perilaku masyarakat untuk berbelanja daring. Tak heran, platform perdagangan elektronik menjadi laris manis sebagai pilihan masyarakat untuk berbelanja dan bertransaksi. Akselerasi digitalisasi UMKM dilakukan guna memperluas akses pasar serta meningkatkan daya saing. Harapannya dapat mendorong UMKM yang lebih kuat. Melalui 3 Pilar Program Pengembangan UMKM BI yaitu meningkatkan kapasitas produksi, efisiensi biaya, serta perluasan pasar. Salah satu implementasi program dari ketiga pilar pengembangan UMKM adalah melalui Program Digitalisasi UMKM. Program Digitalisasi UMKM di antaranya e-Farming dengan pemanfaatan teknologi digital pada pertanian untuk meningkatkan kapasitas produksi dan efisiensi biaya. eCommerce meliputi penguatan kapasitas dalam pemasaran digital dan pemasaran UMKM ke pasar global melalui platform digital. Oleh karena itu para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Wonosobo diminta untuk memanfaatkan teknologi digital dalam pengembangan bisnisnya. Dengan begitu, peluang mereka untuk menembus pasar internasional alias go international terbuka lebar.

Published
2022-08-08
How to Cite
SUNARYONO, Sunaryono et al. KEGIATAN DIGITALISASI UMKM KAB. WONOSOBO. Teknikom: Teknologi Informasi, Ilmu Komputer dan Manajemen, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 1-10, aug. 2022. ISSN 2598-2958. Available at: <https://journal.swu.ac.id/index.php/teknikom/article/view/183>. Date accessed: 23 apr. 2024.