Pengembangan Branding Destinasi Wisata Kabupaten Banyumas Berbasis Digital

  • Lutvi Riyandari STMIK Widya Utama
  • Rianti Yunita Kisworini STMIK Widya Utama
  • Puput Dian Sukmawati STMIK Widya Utama

Abstract

Salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Undang-undang nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi pasal 47 menegaskan bahwa 1. Pengabdian kepada masyarakat atau PkM merupakan kegiatan sivitas akademika dalam mengamalkan dan membudayakan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa; 2. PkM sebagaimana yang dimaksud pada ayat (1) dilakukan dalam berbagaibentuk kegiatan sesuai dengan budaya akademik, keahlian, dan/otonomi keilmuan sivitas akademika serta kondisi sosial budaya masyarakat; 3. Hasil PkM digunakan sebagai proses penhembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pengayaan sumber belajar, dan/atau untuk pembelajarandan pematangan sivitas akademika. Dalam sebuah kantor pemerintahan pasti tidak lepas dengan masalah pengarsipan baik itu surat masuk ataupun surat keluar. Proses pengarsipan suratyang banyak terkadang membuat agendaris sebuah kantor pemerintahan membutuhkan waktu yang lebih dalam proses pencatatan dibuku. Menimbang hal tersebut maka tim pengabdian selaku pelaksana, termotivasi untukmembuat project Aplikasi Arsip Surat Masuk dan Surat Keluar di Kantor Kecamatan Kebasen supaya pengarsipan surat masuk dan surat keluar dapat dilakukan dengan seefisien mungkin dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik.


Secara umum pelaksanaan kegiatan pengabdian ini ditujukan untuk peningkatan publikasi pariwisata di Kabupaten Banyumas melalui pemanfaatan teknologi informasi, serta melalui keterlibatan langsung dalam berbagai kegiatan di kantor pemerintahan.Adapun tujuan yang dicapai adalah melaksanakan kegiatan branding Pariwisata Kebupaten Banyumas menggunakan teknologi informasi.


Kegiatan branding Kegiatan Pariwisata Kabupaten Banyumas diharapkan bermanfaat bagi universitas, tim pengabdian maupun mitra instansi yang bersangkutan. Adapun manfaat lainnya: a. Terjalinnya kerjasama antara universitas dengan mitra instansi b. Universitas akan lebih di kenal di dunia industri. c. Dapat meningkatkan kualitas lulusannya melalui pengalamankegiatan Pengabdian. d. Adanya kerjasama antara dunia pendidikan dengan dunia instansi. e. Instansi mendapat bantuan tenaga dari mahasiswa-mahasiswi yang melakukan kegiatan Pengabdian. f. Dengan terciptanya branding yang baik di Kabupaten Banyumas, dapat meningkatkan citra dan kinerja pemerintah dalam hal ini untuk peningkatan pariwisata di Kabupaten Banyumas.

Published
2025-02-21
How to Cite
RIYANDARI, Lutvi; KISWORINI, Rianti Yunita; SUKMAWATI, Puput Dian. Pengembangan Branding Destinasi Wisata Kabupaten Banyumas Berbasis Digital. Teknikom: Teknologi Informasi, Ilmu Komputer dan Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 30-66, feb. 2025. ISSN 2598-2958. Available at: <https://journal.swu.ac.id/index.php/teknikom/article/view/335>. Date accessed: 15 mar. 2025.